Peraturan dalam Permainan Sepak Bola

Peraturan dalam Permainan Sepak Bola

Olahraga sepak bola merupakan satu dari sekian banyak olahraga yang difavoritkan oleh banyak masyarakat di dunia termasuk di Indonesia. Olahraga ini bukan hanya menyenangkan namun juga menegangkan. Tak heran, banyak anak muda yang bercita-cita untuk menjadi pemain bola profesional. Karena olahraga ini sangat menjanjikan dan disukai oleh banyak masyarakat di dunia. Sehingga olahraga sepak bola seringkali menjadi ajang yang serius untuk dilombakan, bukan hanya sekedar olahraga biasa. Seperti olahraga pada umumnya, tentunya sepak bola juga memiliki peraturan permainan yang harus ditaati. Dalam artikel ini kita akan membahas peraturan dalam permaian sepak bola.

Ukuran Lapangan Sepak Bola dan Gawang

Lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang. Ukuran standar internasional memiliki panjang 100 hingga 110 meter dengan lebar 64 hingga 75 meter. Mempunyai jari-jari lingkaran tengah berukuran 9,15 meter.
Luas wilayah gawang berukuran 18,35 x 5,5 meter. Daerah hukuman penalti 40,39 x 16,5 meter. Dan jarak titik penalti dengan garis gawang 11 meter.
Gawang di sepak bola mempunyai lebar 7,32 meter dengan tinggi 2,44 meter.

Bola yang Digunakan

Menggunakan bola berbentuk bulat dengan berbahan kulit. Mempunyai berat antara 396 hingga 453 gram. Dan keliling bola 68 sampai 71 cm.

Memulai Pertandingan Sepak Bola

Pemain kedua tim akan berbaris ke arah penonton, dan saling berjabat tangan. Wasit bersama kapten dari kedua belah tim akan mengundi menggunakan uang logam. Kapten yang memenangi undian ini berhak memilih posisi gawang atau bola awal.

Jumlah Pemain Tim Sepak Bola

Setiap tim masing-masing terdiri dari 11 pemain, salah satunya berposisi sebagai penjaga gawang. Saat pertandingan apabila salah satu tim pemainnya terkena kartu merah sebanyak 4 orang, maka tim tersebut otomatis kalah, tidak bisa melanjutkan permainan.
Setiap tim harus memilih seorang kapten / captain, yang akan mewakili tim untuk berkomunikasi dengan wasit selama pertandingan berlangsung. Kapten tim memakai ban kapten di lengannya sebagai penanda.

Aturan dalam Berpakaian

pertandingan sepak bola

Umumnya setiap tim akan memiliki 2 seragam khusus yang biasa disebut dengan jersey. 1 jersey untuk pertandingan home (kandang), 1 jersey untuk pertandingan away (tandang). Saat pertandingan kedua tim harus memakai jersey dengan warna yang berbeda.
Kaos kaki yang digunakan memiliki standard khusus, dengan tujuan melindungi cedera pada tulang kering. Untuk pertandingan resmi, warna kaos kaki harus sama.
Untuk memudahkan dalam menangkap bola, dan juga agar terlindung dari tendangan bola yang keras, penjaga gawang akan memakai sarung tangan kiper.
Pemain tidak diperbolehkan menggunakan anting, kalung, gelang dan aksesoris lainnya yang membahayakan pemain lain di lapangan.

Wasit dalam Sepak Bola

Wasit atau biasa disebut sebagai referee, merupakan pengadil utama yang berada di lapangan. Wasit akan memberi keputusan apakah seseorang yang tengah bermain melakukan pelanggaran, menganggap gol tidak sah, dan lain sebagainya. Wasit akan memberikan kartu kuning tanda peringatan, dan kartu merah untuk mengusir pemain ataupun pelatih dari lapangan. Wasit juga berhak menghentikan pertandingan apabila situasi di lapangan tidak memungkinkan untuk menjalankan pertandingan. Misalnya adanya kerusuhan, kondisi lapangan yang rusak, dan juga bencana alam.
Dalam tugasnya wasit utama akan dibantu dengan 2 asisten wasit atau biasa disebut penjaga garis / linesman. Yang bertugas memberi tahu apabila terjadi offside dan bola keluar lapangan. Linesman menggunakan bendera sebagai alat komunikasi kepada wasit utama.

Waktu Pertandingan

Pertandingan terdiri dari 2 babak yang masing-masing lamanya 45 menit. Setiap pergantian babak terdapat jeda istirahat 15 menit. Jika dalam 2 x 45 menit belum ada pemenang, maka akan dilakukan babak tambahan 2 x 15 menit, jika kedudukan masih imbang, akan diadakan adu penalti.
Umumnya pada pertandingan dengan format Liga, tidak memiliki babak tambahan. Bila hasilnya seri, masing-masing tim akan mendapat 1 point. Dalam format Liga pemenang pertandingan akan mendapat 3 point, jika kalah tidak mendapat point.

Kick Off

Permulaan pertandingan akan selalu diawali dengan Kick off di tengah lapangan. Tim yang melakukan kick off terlebih dahulu, ditentukan saat undian diawal pertandingan. Saat memulai babak kedua, tim satunya yang akan melakukan kick off. Kick off juga dilakukan setelah terjadinya goal.

Peraturan Offside

Offside terjadi apabila teman dalam 1 tim memberikan operan ke pemain lain, namun pemain tersebut berada lebih dekat dengan gawang lawan daripada pemain lawan. Asisten wasit akan mengangkat bendera pertanda terjadinya offside.

Peraturan Bola Keluar (Out) dan Lemparan Ke Dalam (Throw In)

Lemparan ke dalam (Throw in) dilakukan apabila bola keluar (Out) dari garis sisi lapangan kiri ataupun kanan. Lemparan ke dalam menggunakan ke dua tangan yang berada di belakang kepala, dengan dua kaki menginjak lapangan. Pemain dilarang mengulur waktu saat melakukan lemparan dalam.

Peraturan Tendangan Gawang ( Goal Kick)

Tendangan gawang dilakukan apabila bola keluar (Out) melewati garis gawang, dan pihak lawan yang terakhir menyentuh bola. Biasanya tendangan gawang dilakukan oleh penjaga gawang.

Peraturan Tendangan Sudut (Corner Kick)

Tendangan sudut dilakukan apabila bola keluar (Out) melewati garis gawang, dan pihak bertahan yang terakhir menyentuh bola. Letak Corner Kick sesuai dengan tempat bola keluar, kanan / kiri.

Pergantian Pemain

Dalam pertandingan resmi, pergantian pemain bisa dilakukan maksimal 3 orang dalam 1 tim. Untuk pertandingan persahabatan boleh dilakukan 7x atau berdasarkan kesepakatan. Umumnya dalam pertandingan format liga, setiap tim membawa 5-7 pemain cadangan. Untuk pertandingan persahabatan diperbolehkan membawa pemain cadangan lebih banyak.

Pelanggaran dalam Sepak Bola

Pelanggaran bisa terjadi apabila ada tackle yang terlalu keras, hands ball atau bola mengenai tangan, mendorong lawan, menarik baju lawan, mengganggu pergerakan penjaga gawang, mengulur pertandingan, dan lainnya.
Wasit utama berhak memberikan 2 macam kartu yaitu yang berwarna kuning dan merah kepada pemain yang melakukan pelanggaran. Kartu kuning merupakan peringatan keras, namun pemain masih dapat bermain. Jika pemain mendapat 2x kartu kuning, maka otomatis pemain tersebut mendapatkan kartu merah. Untuk pelanggaran berat, pemain akan langsung diberikan kartu merah, pemain harus keluar dari lapangan. Wasit juga boleh memberikan kartu merah kepada pelatih yang dianggap mengganggu pertandingan atau protes dengan keras.

Tendangan Bebas (Free Kick)

Tendangan bebas dilakukan apabila terjadi pelanggaran, tendangan ini dilakukan di titik tempat terjadinya pelanggaran. Pemain boleh melakukan tendangan langsung ke gawang ataupun mengoper ke rekan 1 tim.

Tendangan Penalti

Tendangan Penalti dilakukan apabila terjadi hands ball, tackle, ataupun pelanggaran lainnya di area penjaga gawang. Salah satu pemain nantinya akan ditunjuk sebagai orang yang akan menendang bola. Tendangan penalti dilakukan di titik penalti, 11 meter yang ada tepat di depan gawang.

Demikian peraturan dalam permainan sepak bola yang perlu Anda ketahui.

Tinggalkan komentar