Istilah dalam Sepak Bola

10 Istilah dalam Sepak Bola

Sepak bola merupakan salah satu olahraga favorit yang telah digandrungi banyak orang di berbagai negara. Bagi Anda yang sangat tertarik dengan olahraga sepak bola. Tidak lengkap rasanya jika Anda belum memahami istilah-istilah yang digunakan dalam olahraga ini. Langsung saja simak dalam artikel berikut ini yang akan membahas 10 istilah dalam olahraga sepak bola.

1. Own Goal

Own goal atau lebih dikenal dalam bahasa indonesia gol bunuh diri terjadi apabila seorang pemain tidak sengaja mencetak gol ke gawang nya sendiri. Otomatis score bertambah untuk tim lawan. Own goal sering terjadi apabila pemain, khususnya posisi pemain bertahan yang sebenarnya ingin menghalau bola, tetapi justru bola mengarah ke gawang dan tidak bisa dihalau oleh kiper. Jelas gol bunuh diri ini merupakan salah satu yang paling dihindari oleh para pemain sepak bola.
Own goal yang paling terkenal terjadi saat gelaran Piala Dunia 1994. Mempertemukan tim tuan rumah Amerika Serikat melawan Kolombia. Andres Escobar melakukan own goal sehingga kolombia menelan kekalahan 2-1 dari tim tuan rumah Amerika Serikat.

2. Intercept

Intercept atau intersep merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk memotong operan lawan. Dibutuhkan skill penempatan posisi yang bagus, kecermatan membaca pergerakan lawan, dan juga stamina fisik yang prima untuk bisa melakukan intercept.
Gael Clichy, Laurent Koscielny, dan Gareth Barry merupakan deretan pemain yang paling banyak melakukan total intercept di ajang Premier League Inggris.

3. Throw In

Throw in atau lemparan ke dalam, terjadi apabila bola keluar dari sisi samping kiri atau kanan area lapangan pertandingan. Lemparan ke dalam dilakukan dengan dua tangan, tidak boleh menggunakan kaki ataupun sundulan kepala. Saat melakukan throw in, pemain tidak boleh diganggu oleh lawan.
Rory Delap pemain asal Republik Irlandia dijuluki sebagai legenda long throw in terbaik yang pernah ada di Premier League Inggris. Mempunyai lemparan ke dalam yang jauh dan akurat. Saat membela Stoke City bahkan pemain ini memberikan 2 assist dalam 1 pertandingan kala melawan Everton.

4. Diving

istilah diving sepak bola

Diving merupakan aksi menjatuhkan diri secara sengaja oleh pemain saat berduel dengan lawan. Dikatakan diving karena sebenarnya saat duel terjadi pemain tersebut tidak ada kontak dengan pemain lawan. Umumnya diving ini digunakan untuk mengelabui wasit, agar mendapat tendangan bebas ataupun tendangan penalti. Diving merupakan salah satu tindakan tidak sportif, yang tidak diperbolehkan. Tak jarang wasit memberikan hukuman tegas bagi mereka yang melakukan diving mulai dari kartu kuning hingga kartu merah.
Moment menyakitkan diderita tim Italia saat kalah dari Korea Selatan pada babak perempat final Piala Dunia 2000. Saat itu Francesco Totti diganjar kartu kuning ke 2, saat babak extra time dikarenakan dianggap melakukan diving. Bermain dengan 10 orang, Italia menelang kekalahan 2-1 dari Korea Selatan.

5. Tendangan Penalti

Tendangan penalti merupakan hukuman yang diberikan kepada tim lawan, apabila pemain lawan melakukan pelanggaran di dalam area penalti. Tendangan penalti dilakukan dari titik penalti yang berjarak 11 meter dari gawang. Peluang terjadinya gol sangatlah besar melalui tendangan penalti ini. Namun tetap diperlukan skill yang mumpuni dan ketenangan dalam melakukan tendangan penalti, bahkan pemain dunia sekaliber Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi pun pernah gagal mengeksekusi tendangan penalti.

6. Winger

Winger atau pemain sayap merupakan sebutan untuk posisi pemain yang bertugas di sisi lebar lapangan. Posisi winger sangat penting dalam sepak bola. Karena pemain sayap bertugas untuk mengganggu dan memecah konsentrasi pemain bertahan dari lawan. Kelincahan dan kecepatan merupakan keahlian utama yang dibutuhkan oleh winger. Tak jarang pemain winger menjadi motor serangan sebuah tim.

7. Gelandang Bertahan

Gelandang bertahan merupakan sebutan untuk posisi pemain yang bertugas di area tengah lapangan. Walau biasanya peran seorang striker menjadi sorotan, karena gol-golnya bisa memenangkan pertandingan. Namun di dalam sepak bola modern, sosok gelandang bertahan dianggap sama pentingnya. Gelandang bertahan merupakan orang pertama yang nantinya akan membantu memutus serangan yang diberikan oleh tim lawan. Modal fisik yang kuat menjadi modal utama seorang gelandang bertahan.
N’golo Kante sebagai gelandang bertahan, mempunyai peran dalam kesuksesan Leicester City yang secara mengejutkan menjuarai Premier League Inggris musim 2015/2016. Di musim berikutnya N’golo Kante juga menjuarai Premier League Inggris bersama klub barunya, Chelsea. Kante juga menjadi kunci kemenangan tim nasional Perancis menjuarai Piala Dunia 2018.

8. Panenka

Panenka merupakan sebutan untuk teknik dalam melakukan tendangan penalti. Tendangan cungkilan (chip) yang diarahkan ke tengah gawang di saat penjaga gawang melompat ke kanan atau ke kiri. Dinamakan demikian sesuai dengan nama pemain pencetusnya, yaitu sang legenda cekoslovakia, Antonin Panenka. Panenka mengatakan bahwa ia mencoba menendang bola secara perlahan dan tetap masuk secara mudah ke gawang. Dengan mempraktekannya ke pertandingan, ternyata berhasil membawa kemenangan. Tendangan panenka pertama kali terjadi pada pertandingan final Piala Eropa tahun 76 antara Cekoslovakia melawan jerman barat.

9. Laws of The Game

Laws of the Game atau aturan permainan, merupakan peraturan yang disematkan untuk olahraga sepak bola disebut sebagai laws of the game. Semua peraturan yang dapat membantu seseorang untuk memahami olahraga sepak bola. Laws of the game juga masuk kedalam pedoman yang dianut oleh berbagai induk organisasi olahraga sepak bola di dunia. Mulai dari aturan jumlah pemain, durasi pertandingan, ukuran lapangan, dan lainnya.

10. Derby

Terakhir, istilah Derby, bagi Anda yang hobi nonton sepak bola pasti tidak asing dengan istilah Derby. Derby adalah sebutan untuk suatu pertandingan yang mempertemukan 2 tim yang bermarkas di 1 kota yang sama. Dua tim yang memiliki rivalitas tersendiri. Pertandingan derby selalu menghasilkan pertandingan yang seru dan ditunggu oleh masing-masing pendukung tim.
Italia mempunyai 3 Derby yang terkenal. Pertama, “Derby della Madonnina”, Ibu segala derby yang mempertemukan AC Milan dan Internazionale. Lalu ada “Derby della Capitale”, derby ntar dua klub ibu kota antara AS Roma vs SS Lazio. Dan ada “Derby della Mole”, derby antar dua kota Turin.

Itulah bahasan 10 istilah dalam sepak bola. Sebenarnya masih banyak istilah lainnya. Mulai dari istilah teknis, istilah pelanggaran, istilah-istilah tendangan, dan juga istilah yang digunakan untuk posisi. Kita akan bahas di artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar